Friday, March 31, 2017

Contoh Soal Kasus DFD dan Jawabannya (LENGKAP)

Nama Kelompok    :
  • Haidi
  • RizqiaWulan Sari
  • Sani Muhammad Chandra
Kasus IV
Gambarkanlah Diagram Aliran Data (data flow diagram) logic pada sebuah system pengolahan data penyimpanan / pengambilan uang disalah satu bank yang saudara ketahui. Proses-proses yang harus ada pada diagram tersebut adalah :
  • Pembukaan Rekening
  • Penyimpanan Uang
  • Pengambilan Uang
  • Penghitungan Uang.
  • Penutupan Rekening
    loading...
  • Pembuatan Laporan.
Gambar saudara terdiri dari : 1. Diagram Konteks.
                 2. Diagram Level 0
                 3. Diagram Rinci
Jawab:





Kasus VI
Pelajari dan pahami scenario pelayanan jasa warung telepon dibawah ini.
WarungTelepon Kontak Terus (WTKT) menyediakan jasa pelayanan telepon lokal, interlokal, dan internasional. Pemakai dapat menggunakan telepon yang tersedia di box-box telepon. Data pembicaraanseperti jam bicara, lama bicara, tujuan, semuanya tercatat dikomputer operator. Begitu pembicaraan berakhir, compute rakan menghitung besarnya tagihan dan mencetak struktur tagihan. Penghitungan ini dilakukan denganmelihat tabel yang biaya yang terdiri dari zona tujuan bicara, lama, dan waktu bicara. Waktu bicara perlu dicatat berhubung perumtel/indosat menawarkan diskon padawaktu-waktu tertentu. Sesudah warung ini ditutup (jam 22.00), operator akan menjalankan program pembuatan laporan transaksi harian yang berisi detil transaksi dan total penerimaan.
Tugas :
  1. Gambarkanlah flow map pelayanan WTKT tersebut (20 point).
  2. Daftarkanlah (gambarkan dengan menggunakan notasi bulanan), proses-proses apasaja yang terdapat pada WTKT tersebut, minimal 3 proses (bobot 20)
  3. Gambarkan mekanisme pelayanan ini dalam bentuk data flow Diagram ; Diagram Konteks, dan Level 0 (bobot 20)
  4. Tentukan etentitas apa saja yang terlibat dalam proses pelayanan tersebut, kemudian gambarkan etentitas-etentitas tersebut kedalam sebuah Entity relationship Diagram (ERD) (bobot 20)
  5. Konversikan ERD tersebut kedalam spesifikasi file. Buat spesifikasi masimng-masing file dengan menggunakan format pada lampiran 3 (bobot 20)

  1. Proses yang terdapat pada pelayanan tersebut adalah:
  • Menelepon
  • Menghit uang tagihan
  • Mencetak struk tagihan
  • Pembuatan laporan transaksi harian



KASUS VIII
Pelajari & Pahami skenario dibawah ini.
Staff Budi Luhur ingin mengembangkan SISTEM INFORMASI KEUANGAN PRIBADI. Kegiatan yang dilakukan oleh staff tersebut adalah :
Setiap bulan staff tersebut mendapat gaji dari yayasan Budi Luhur dalam bentuk check yang dicatat dalam buku check. Check tersebut dikliring ke Bank Budi Luhur dengan menggunakan slip setoran dan staff tersebut mendapat lembar kedua slip setoran tersebut sebagai tanda terima dan ini dipakai untuk memeriksa apa yang telah dicatat pada BUKU CHECK. Bila Check tersebut ditolak karena suatu hal, maka staff tersebut menerima informasi tolakan kliring dari Bank Budi Luhur . Untuk keperluan sehari-hari staff tersebut melakukan pengambilan uang lewat KARTU KREDIT, ATM maupun Check dari Bank Budi Luhur.
Setiap bulan staff tersebut menerima rekening koran dari Bank Budi Luhur, yang berisi informasi tentang besarnya uang yang masuk dan yang keluar.
Informasi pada rekening koran tersebut dipakai untuk mengupdate SALDO dan memeriksa jumah uang yang dikeluarkan melalui kartu kredit, ATM maupun check.
Rekening koran tersebut diarsip dan pada saat menerima rekening koran bulan berikutnya, ia akan mengecek saldo/baki.
Tugas yang harus dikerjakan :
Buatlah Diagram Aliran Data ( DAD ) logik mulai dari:
    a. Diagram Konteks
    b. Diagram 0 ( Overview Diagram )
c. Diagram lainnya sampai dengan Diagram Primitive Fungsional





1 comment: