Thursday, April 27, 2017

Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja HEATSINK - MATERI KOMPUTER DAN JARINGAN

HEATSINK

Pengertian
Heatsink merupakan logam dengan desain yang khusus terbuat dari alumunium dan tembaga yang berfungsi untuk memperluas proses transfer panas dari sebuah prosesor.
Komponen-komponen CPU yang biasanya dipakai utuk menyerap panas ini biasanya terbuat dari bahan aluminium yang biasanya banyak dipadukan dengan pemakaian fan pada heatsink untuk lebih mengoptimalkan penyerapan panas yaitu dengan mengalirkan panas dari heatsink ke luar CPU, proses ini akan menyebabkan meningkatnya peforma kerja dari komputer.
loading...

 Cara Kerja
Heatsink bekerja pada saat proses penghasilan panas pada komputer bekerja, jika perangkat itu tidak menghasilkan panas maka heatsink pun tidak akan berputar. Heatsink akan menerima panas dari procesor lalu panas yang dihasilkan processor tersebut akan menyebar keseluruh bagian heatsink dengan sama rata. Panas yang dihasilkan processor tadi haruslah dibuatng, dan yang berfungsi untuk membuang panasnya adalah sebuah perangkat yang bernama fan. Fan ini akan menyemburkan banyak udara keseluruh bagian heatsink dan membuang seluruh panas yang ada.
Fungsi


Heatsink berfungsi untuk membantu proses pendinginan sebuah processor. Apabila semkin luas permukaan peerpindahan panas sebuah benda, maka akan semakin cepat proses pendinginan benda tersebut. Oleh karena itu heatsink sangat lah berguna untuk kinerja sebuah computer.

1 comment: