Wednesday, April 12, 2017

Pengertian Pasar ,Jenis Pasar, Segmentasi Pasar dan Sasaran Pasar

1. Pengertian Pasar
Apabila kita bicara tentang pasar maka akan kita dapatkan istilah-istilah konsumen/pembeli atau permintaan dan produsen / penjualan atau penawaran serta produk yang berupa barang atau jasa yang dipasarkan.  Dengan kaitan ini  ada ahli yang menyatakan pasar adalah hubungan atau pertemuan antara konsumen dan produsen dari suatu produk tertentu.
Dan dapat pula diartikan bahwa suatu pasar terdiri dari seluruh pembeli atau konsumen potensial yang mempunyai kebutuhan dan keinginan tertentu yang ingin dan mampu dipenuhi dengan pertukaran sehingga dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan tersebut.
2. Jenis Pasar
  Pasar Barang Konsumsi
  Adalah barang yang langsung digunakan oleh individu atau anggota masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya.  Jadi barang konsumsi terkait langsung dengan kebutuhan yang ingin dipenuhi oleh seorang konsumen.
 Pasar Barang Industri
  Adalah barang yang tidak langsung dikonsumsi oleh individu atau anggota masyarakat, tetapi diolah terlebih dahulu oleh perusahaan industri. Jadi barang industri merupakan barang yang digunakan oleh organisasi perusahaan dalam memproduksi barang konsumsi atau barang industri lainnya ataupun dalam menjalankan kegiatan perusahaan tersebut.
3. Segmentasi Pasar
  Para pembeli umumnya berbeda antara satu dengan lainnya di pasar, baik motif dan perilaku dalam kebiasaan membeli dan semuanya menunjukkan ciri atau sifat pembeli tersebut. Perbedaan ini menunjukkan bahwa pasar  suatu produk tidak homogen tetapi heterogen. Dengan dasar ini sangat sulit bagi perusahaan untuk melayani seluruh pasar yang ada.
4. Sasaran Pasar
Kegiatan pemasaran hendaknya diarahkan kepada sasaran pasar yang dituju, sehingga dapat berhasil mencapai tujuan yang diterapkan. Oleh karena itu pertama-tama yang harus dilakukan adalah penentuan sasaran pasar. Sasaran pasar dapat ditentukan apabila pimpinan perusahaan atau bagian / bidang pemasaran telah melakukan segmentasi pasar dari produk yang dipasarkan terlebih dahulu.
loading...
  Hal yang harus dilakukan dalam menentukan sasaran pasar adalah :
a. Identifikasi basis untuk mensegmentasi pasar
b. Mengembangkan profiles dari segment pasar yang dihasilkan
c. Mengembangkan ukuran / kriteria dari daya tarik segment pasar yang ada
d. Memilih segment pasar sasaran
e. Mengembangkan posisi produk untuk setiap segment pasar sasaran
f. Mengembangkan acuan pemasaran untuk setiap segment pasar sasaran itu.

1 comment: