Thursday, April 27, 2017

Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenis Casing - MATERI TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN

CASING

Pengertian
Casing computer adalah bagian dri sebuah computer yang menyatukan semua komponen computer seperti motherboard, prosesor, harddisk, power supply dan lain-lain. Casing umunya terbuat dari logam alumunium atau seng.
Fungsi
Casing computer berfungsi untuk melindungi komponen computer di dalamnya dari debu, air, panas, kelembapan, dan benturan fisik yang mungkin terjadi dan bisa merusak komponen Komputer.
Jenis-jenis Casing
loading...

1.      Casing Full Tower

Casing Full Tower

Casing computer jenis ini full-tower ini adalah casing computer terbesar diantara jenis casing lainnya, casing jenis ini bisa menampung semua ukuran motherboard seperti Micro- ATX, ATX, E-ATX dan XL-ATX, biasanya casing jenis digunakan oleh para gamer (seperti gua) atau untuk mereka yang antusias dengan hardware pada computer.

2.      Casing Mild-Tower


Casing jenis mid-tower ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan casing full-tower tapi masih bisa menampung motherboard dengan spesifikasi ukuran Micro-ATX dan ATX, saya rasa casing jenis inilah yang paling umum dijual di toko-toko computer dan yang paling banyak orang gunakan saat ini.

3.      Casing Mini-Tower



Casing mini-tower ini ukurannya lebih kecil dibandingkan casing mid-tower, casing jenis ini hanya bisa menampung motherboard dengan ukuran Micro-ATX. Casing computer yang saya gunakan seperti gambar di samping ialah jenis casing computer mini tower.
4.      Casing Mini-ITX

Seperti namanya, casing mini-ITX ini hanya bisa menampung motherboard dengan ukuran Mini-ITX, ukurannya jauh lebih kecil kalau dibandingkan dengan casing mini-tower, dan biasanya casing jenis ini menggunakan power supply dengan ukuran khusus lebih kecil dari power supply yag biasa kita lihat di dalam casing-casing computer

1 comment: