Tuesday, April 4, 2017

Peranan Pemasaran Bagi Perusahaan

Pemasaran mempunyai peranan penting dalam dunia usaha. Pemasaran berhubungan dengan kegiatan untuk memperkirakan atau mengantisipasi  kebutuhan dan berkaitan dengan kegiatan mengalirnya produk berupa barang dan jasa dari produsen ke konsumen.
Umumnya setiap perusahaan dapat berhasil memproduksi barang atau jasanya apabila perusahaan tersebut melakukan kegiatan yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen.
1. Pemasaran Mikro
  • Pemasaran mikro dimaksudkan sebagai rangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan organisasi dengan memperkirakan atau mengantisipasi kebutuhan konsumen yang dilayani atau langganan dan melaksanakan arus mengalirnya barang dan jasa yang memenuhi kebutuhan tersebut dari produsen ke konsumen atau langganan.
  • Kegiatan yang termasuk dalam pemasaran mikro antara lain personal selling dan advertensi.
  • Kegiatan pemasaran mencakup pula usaha-usaha untuk mengetahui dan mengerti tentang langganan, kepada siapa barang dan jasa akan dijual.
  • Kegiatan pemasaran meliputi pula kegiatan menentukan produk apa yang akan dibuat, pengembangan produk, perancangan produk, pengemasan serta penentuan harga jual.
  • Hal penting dalam pemasaran mikro adalah proses dan fungsi dalam manajemen, yang tidak terlepas dengan tujuan dan sasaran yang akan dicapai  serta kebijakan dan strategi  maupun sasaran yang telah ditetapkan.
loading...
2. Penerimaan Pemasaran Oleh Organisasi
  • Setiap organisasi baik perusahaan atau bukan, menghasilkan produk berupa barang atau jasa.
  • Produk yang dihasilkan dikonsumsi oleh hanya anggota organisasi atau oleh anggota masyarakat.
  • Apabila produk yang dihasilkan dikonsumsi oleh masyarakat luas, maka peranan pemasaran sangat penting dalam organisasi tersebut.
  • Pemasaran dalam organisasi perusahaan merupakan salah satu fungsi utama disamping fungsi produksi dan keuangan.
  • Produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan harus dipasarkan sampai ketangan konsumen dengan harga yang dapat memberikan keuntungan dengan tingkat yang dapat menjamin kelangsungan hidup dan perkembangan perusahaan.
  • Begitu pentingnya peran pemasaran maka perusahaan akan gagal mencapai tujuannya apabila tidak dapat memaksimalkan fungsi pemasaran.
  • Hal yang membuat fungsi pemasaran pada akhir-akhir ini menjadi penting adalah karena meningkatnya persaingan.
  • Tanpa persaingan maka konsumen tidak memiliki banyak pilihan maka akan membeli barang atau jasa yang ada.
  • Dengan persaingan maka konsumen akan memilih barang atau jasa sesuai dengan kebutuhannya, oleh karena itu pemasaran menjadi penting untuk mengetahui kebutuhan konsumen.
  • Setelah fungsi pemasaran berjalan dengan baik maka perusahaan juga wajib menjaga konsumennya agar tidak beralih ke saingannya. Dengan cara menjaga kualitas, pelayanan purna jual, service. Dengan begitu diharapkan muncul loyalitas dari konsumen terhadap barang atau jasa yang diproduksi perusahaan. 
3. Orientasi Usaha Pemasaran
  • Didalam menjalankan usaha perusahaan, pimpinan mempunyai orientasi untuk memungkinkan perusahaan dapat berhasil mencapai sasarannya. Suatu organisasi akan gagal apabila orientasi pandangan pimpinannya dalam menjalankan usaha perusahaan tidak sesuai dengan situasi dan kondisi pemasaran produknya.
  • Oleh karena itu ada empat hal yang harus diperhatikan oleh pimpinan dalam memasarkan produknya :
  1. Orientasi Produksi, janganlah berorientasi pada produksi sebesar-besarnya tanpa melihat bagaimana penyerapan pasar.
  2. Orientasi Produk, janganlah berorientasi kepada menghasilkan produk yang berkualitas dan bermutu tinggi.
  3. Orientasi Keuangan atau Pembelanjaan, janganlah hanya mengejar keuntungan semata.
  4.  Orientasi Penjualan, yaitu mengejar target penjualan setinggi-tingginya.
Untuk lebih lengkapnya silahkan download materinya DISINI.
Nama : Haidi
NIM : 2111310042
MK : Dasar Manajemen Dan Bisnis

1 comment: