Tuesday, April 4, 2017

Peranan Pemasaran Dalam Masyarakat

Pemasaran mempunyai peranan yang penting dalam masyarakat karena pemasaran menyangkut berbagai aspek kehidupan, termasuk bidang ekonomi dan sosial. Pemasaran berarti mengalirkan produk dari produsen ke konsumen, maka pemasaran akan menciptakan lapangan kerja yang penting bagi masyarakat. Perlu diketahui bahwa biaya pemasaran dibeberapa perusahaan mempunyai porsi yang hampir sama dengan biaya produksi. Mengapa demikian, hal ini berkaitan dengan pengenalan produk yang telah diproduksi kepada konsumen / masyarakat. Pemasaran tidak selalu diartikan dengan menjual produk secara langsung kepada konsumen tetapi pada era sekarang banyak cara dilakukan.  Penggunaan media advertensi seperti spanduk, banner, baliho, iklan TV, iklan radio dan lain-lain adalah cara lain melakukan kegiatan pemasaran.
1. Peranan Pemasaran Dalam Memenuhi Kebutuhan Dan Keinginan manusia
  • Setiap manusia selalu berusaha memenuhi semua kebutuhannya dengan mengkonsumsi produk yang ada.
  • Pemenuhan kebutuhan tersebut dengan melihat manfaat dan kegunaannya.
  • Manfaat atau kegunaan dapat dilihat dari bentuk, tempat, waktu dan kepemilikan.
  • Fungsi pemasaran juga mempunyai peranan yang sangat penting dalam meningkatkan dayaguna suatu barang, yang tadinya kurang berarti di suatu tempat dan akan menjadi tinggi nilainya di tempat lain.
  • loading...
  • Dengan meningkatnya dayaguna suatu barang  maka secara otomatis akan memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia terhadap produk / barang tersebut.
  •  Di era modern ini dengan semakin tingginya taraf hidup sosial suatu masyarakat maka semakin banyak tingkat pilihan masyarakat dalam  memenuhi kebutuhannya.
  •  Oleh karena itu sangat dibutuhkan pemasaran agar masyarakat dapat mengetahui dan mengenali berbagai macam produk sejenis dan tentunya dengan manfaatnya masing-masing.
2. Peranan Pemasaran Dalam Mengalirnya Produk Dari Produsen Ke Konsumen
  • Pada dasarnya kegiatan pemasaran menyangkut 2 hal, yaitu aliran fisik barang dan aliran kegiatan transaksi barang tersebut.
  • Aliran transaksi dimulai dari penjualan barang dari pabrik kepada Pedagang Besar, kemudian dari Pedagang Besar dijual kepada Agen, dari Agen dijual kembali kepada Toko-Toko di Pasar dan akhirnya kepada konsumen.
  • Dari kegiatan tersebut banyak pihak yang berperan pula yaitu sektor transportasi ( darat dan laut ), kemudian  jasa sewa gudang dan pihak perbankan maupun pihak asuransi.
  • Dari kegiatan tersebut dapat dirinci :
  1.   Kegiatan transaksi : Pembelian dan Penjualan
  2.   Kegiatan suplai fisik : Pengangkutan dan Pergudangan
  3. Kegiatan penunjang : Penjajaan, Standardisasi, Pembelanjaan, Penanggungan Resiko, Informasi Pasar.

1 comment: